Apa yang Membuat Komponen Situs Web Menjadi WordPress?

0 Comments

Apa yang Membuat Komponen Situs Web Menjadi WordPress? – Di sini, di DreamHost, kami menyukai beberapa WordPress. Tidak hanya itu platform yang sangat baik untuk digunakan saat membangun situs web, tetapi juga Sistem Manajemen Konten (CMS) yang kuat.

Apa yang Membuat Komponen Situs Web Menjadi WordPress?

templatehunter – Meskipun WordPress ramah pengguna, ini bisa sedikit berlebihan untuk digunakan jika Anda baru mengenal platform ini. Setiap situs WordPress berisi seperangkat komponen standar; elemen-elemen inilah yang membentuk blok bangunan dasar situs WordPress.

Setelah Anda mempelajari apa yang dilakukan masing-masing, menggunakan platform menjadi mudah dan bermanfaat.Pada artikel ini, kami akan membawa Anda melalui komponen inti utama dari situs web WordPress. Kami akan mendemonstrasikan apa yang dilakukan masing-masing, dan menunjukkan cara menggunakannya sendiri.

Dasbor Admin

Saat Anda menggunakan WordPress, Anda akan menjadi sangat akrab dengan dasbor admin. Ini adalah antarmuka yang Anda gunakan untuk mengelola hampir setiap aspek situs Anda, mulai dari membuat konten hingga mengubah tampilan halaman dan menambahkan fungsionalitas baru.

Saat pertama kali masuk, Anda akan melihat tab Dasbor , yang menyediakan akses mudah ke area utama antarmuka admin. Misalnya, Anda dapat menggunakan ini untuk melihat berita terkait WordPress, atau untuk membuat postingan konsep dengan cepat.

Dasbor itu sendiri dipisahkan menjadi beberapa halaman, masing-masing dikhususkan untuk aspek penting situs Anda. Anda dapat menavigasi di antara mereka menggunakan menu di sisi kiri. Beberapa opsi juga memiliki sub-halaman tambahan, yang akan muncul saat Anda mengarahkan kursor ke item tersebut.

Banyak layar juga menampilkan opsi tambahan yang disembunyikan secara default. Untuk melihatnya, Anda dapat menggunakan menu Opsi Layar di sudut kanan atas. Mengklik ini akan memperluas bagian yang berisi opsi yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan.

Menggunakan bagian Opsi Layar untuk mengaktifkan dan menonaktifkan bagian pada halaman.Bagian Bantuan diperluas untuk menampilkan informasi tentang halaman saat ini. Jika Anda pernah tersesat atau tidak yakin tentang apa tujuan setiap halaman, Anda dapat merujuk ke bagian ini untuk detail selengkapnya. Kami juga akan membahas setiap bagian utama dari dasbor sepanjang sisa artikel ini, jadi Anda akan tahu apa yang diharapkan.

Baca Juga : Cara Menambahkan dan Menggunakan Template Kategori di WordPress

Postingan

Posting adalah komponen penting dari WordPress dan digunakan untuk membuat berbagai jenis konten. Mereka paling sering digunakan untuk blog, di mana setiap posting mewakili pembaruan baru.

Namun, postingan dapat digunakan untuk konten yang tepat waktu atau reguler, seperti artikel berita, galeri gambar, dan sebagainya.Untuk membuat posting, Anda akan menggunakan editor WordPress. Saat ini terlihat seperti ini.

Editor konten WordPress

Untuk tujuan artikel ini, kami akan mengacu pada antarmuka ini. Namun, itu akan segera diganti dengan versi terbaru , yang disebut editor Gutenberg . Ini akan memberikan pengalaman pengeditan yang sangat berbeda, jadi kami sarankan Anda membacanya sebelum perubahan terjadi.

Namun, untuk saat ini, kami akan tetap menggunakan editor klasik. Sebagian besar opsi di sini cukup jelas. Anda dapat menambahkan judul dan memasukkan konten Anda, yang dapat menyertakan teks di samping berbagai jenis media.

Anda juga dapat beralih antara antarmuka Visual , yang menunjukkan posting Anda mirip dengan tampilannya di situs sebenarnya, dan editor teks yang memungkinkan Anda memasukkan kode kustom.Editor teks terbuka, menampilkan kode HTML untuk posting saat ini. Setelah selesai mengedit postingan, Anda dapat menyimpannya dengan beberapa cara berbeda. Jika Anda ingin mempostingnya di situs Anda, Anda dapat mengklik Publikasikan .

Opsi Publikasikan untuk postingan

Namun, Anda juga dapat menggunakan Simpan Draf . Ini akan menyimpan pos tetapi tidak menjadikannya publik, memungkinkan Anda untuk mengeditnya lebih lanjut sebelum ditayangkan.Saat sebuah postingan disimpan atau dipublikasikan, Anda akan melihatnya terdaftar di layar Semua Postingan .

Layar Semua Postingan, menampilkan dua postingan

Dari sini, Anda dapat mengedit posting, mempratinjaunya di bagian depan, dan bahkan menghapus yang tidak ingin Anda simpan.Opsi yang berkaitan dengan postingan, termasuk Edit, Edit Cepat, Sampah, dan Lihat.

Anda juga dapat melakukan tindakan massal untuk beberapa posting, yang sangat membantu setelah Anda mulai menambahkan lusinan atau bahkan ratusan posting.

Halaman

Layar Halaman, menampilkan dua halaman yang ditambahkan ke situs WordPress. Dalam banyak hal, halaman WordPress sangat mirip dengan posting. Keduanya dibuat dan diedit menggunakan antarmuka yang sama (yang telah kita bahas di bagian sebelumnya) dan dapat berisi jenis konten yang sama persis. Jadi apa yang membuat halaman berbeda?

Perbedaan utama adalah bagaimana mereka digunakan di situs Anda. Halaman terutama dimaksudkan untuk menyimpan konten statis dan lebih abadi yang tidak mungkin berubah secara teratur.

Misalnya, jika Anda ingin memposting artikel atau berita, seperti The State of Women in Tech 2018, Anda akan menggunakan postingan. Sebaliknya, jika konten berisi informasi statis tentang perusahaan Anda atau salah satu produk Anda, seperti hosting WordPress, itu harus berupa halaman.

Halaman juga yang membentuk struktur situs Anda. Dengan demikian, Anda memerlukan setidaknya satu, yang biasanya merupakan halaman beranda atau arsip blog. Namun, Anda dapat menambahkan sejumlah halaman, tergantung pada tujuan situs Anda.

Beberapa contoh umum termasuk halaman Tentang Kami dengan informasi tentang perusahaan atau organisasi Anda, halaman yang berisi kebijakan privasi Anda, dan halaman Kontak sehingga pengunjung dapat berkomunikasi dengan Anda.

Plugin

Plugin adalah salah satu alasan terbesar WordPress adalah platform pembuatan situs web paling populer di dunia. Plugin WordPress adalah perangkat lunak yang dapat Anda instal di situs Anda hanya dengan beberapa klik. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan fungsionalitas ekstra ke situs Anda, tanpa pengetahuan teknis yang diperlukan.

Hal yang hebat tentang plugin adalah mereka dapat digunakan untuk melakukan hampir semua hal. Beberapa plugin menambahkan sedikit fitur baru ke situs Anda, seperti Mode Gelap , yang mengubah warna dasbor admin Anda.

Namun, beberapa plugin secara radikal memengaruhi situs Anda. Jetpack menambahkan lusinan fitur, misalnya, termasuk statistik situs web, Jaringan Pengiriman Konten ( CDN ) , dan berbagi media sosial yang mudah. Anda dapat melihat plugin yang saat ini diinstal di dasbor Anda, di layar Plugin .

Layar Plugin, berisi dua plugin

Beberapa paket hosting datang dengan plugin yang disertakan. Misalnya, paket DreamHost WordPress menyertakan solusi caching yang kuat yang membantu mempercepat situs Anda. Ini juga menggabungkan plugin Varnish HTTP Purge, yang memungkinkan Anda mengontrol cache situs Anda secara manual.

Setelah Anda mengaktifkan plugin, fungsinya akan diaktifkan di situs Anda. Kemudian, Anda dapat mengonfigurasinya atau mulai menggunakannya segera.

Tema

Tema WordPress adalah bagaimana Anda mengubah tampilan situs Anda. Anda dapat menganggapnya sebagai ‘kulit’ situs Anda, yang menentukan bagaimana konten Anda ditampilkan di bagian depan. WordPress menyertakan satu set tema default, yang dapat berguna untuk pemula.

Tetapi Anda mungkin menginginkan sesuatu yang tidak terlalu umum.Untungnya, ada ribuan tema WordPress gratis yang tersedia, dan Anda bisa mendapatkannya langsung dari dasbor Anda. Mulailah dengan mengakses tema Anda saat ini dari Appearance > Themes .

Kategori

Di WordPress, sebuah kategori digunakan untuk memberi label dan mengatur konten, sehingga memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs Anda. Kategori bisa luas atau lebih spesifik. Misalnya, Anda dapat memiliki kategori untuk postingan Berita, yang kemudian dapat memiliki subkategori untuk Berita Perusahaan, Berita Industri, dan Berita Acara .Setiap kategori yang Anda buat akan secara otomatis menghasilkan halaman, yang akan menampilkan semua posting yang ditetapkan untuk kategori tersebut.

Tag

Tag sangat mirip dengan kategori. Mereka juga dirancang untuk memberi label konten, tetapi penggunaannya sedikit berbeda. Sementara kategori cenderung relatif luas dan menggambarkan jenis konten atau subjek umum dari sebuah posting, tag jauh lebih spesifik.Tag dapat digunakan untuk menunjukkan subjek dan kata kunci yang relevan dengan postingan. Misalnya, Anda telah menulis postingan berjudul Cara Memulai Bisnis Jalan-jalan Anjing.

Anda dapat menetapkan ini ke kategori seperti Bisnis atau Tutorial. Kemudian Anda dapat memberikan sejumlah tag deskriptif, seperti anjing, anjing berjalan, memulai bisnis, kiat bisnis, dan hewan. Seperti halnya kategori, setiap tag juga memiliki halamannya sendiri, yang memungkinkan pengguna menemukan konten terkait dengan mudah. Namun, tag tidak hierarkis, yang berarti mereka tidak memiliki induk atau sub-tag.

Tag ditambahkan ke posting seperti kategori. Sebenarnya, Tag terletak tepat di bawah Kategori di antarmuka editor.Untuk menambahkan tag, cukup masukkan ke dalam kolom teks. Anda bahkan dapat menambahkan beberapa tag sekaligus, dengan memisahkan masing-masing dengan koma. Anda kemudian dapat mengelola tag Anda dengan mengakses Posting > Tag .

Layar Tag di dasbor

Layar ini bekerja persis seperti halaman Kategori , yang telah kita bahas sebelumnya. Anda dapat menambahkan tag baru, mengedit yang sudah ada, dan bahkan menghapus yang tidak lagi Anda perlukan.

Perpustakaan Media

Meskipun teks adalah bagian penting dari situs mana pun, Anda mungkin ingin melengkapinya dengan beberapa media tambahan. Gambar adalah yang paling umum, tetapi Anda mungkin juga ingin mengunggah video, audio, atau dokumen.

Menu

Menu adalah bentuk navigasi utama di situs Anda. Daripada mengandalkan satu menu, Anda bisa membuat beberapa menu dan menyisipkannya di lokasi yang berbeda. Misalnya, Anda dapat memiliki satu menu yang muncul di header situs, menu lainnya di bilah sisi, dan menu ketiga di footer. Untuk mengelola menu Anda, buka Appearance > Menus .

Layar Menu di dasbor

Jika Anda ingin membuat menu baru, Anda hanya perlu memasukkan nama lalu klik Buat Menu. Setelah selesai, Anda akan dapat memilih halaman mana yang harus disertakan dalam menu, dan di mana Anda ingin menampilkannya.

Membuat menu baru

Anda juga dapat menambahkan menu ke situs Anda dengan cara lain, dengan menggunakan sesuatu yang disebut widget. Mari kita lihat apa yang selanjutnya.

Widget

Widget adalah jenis konten yang dapat Anda tambahkan ke tempat tertentu di situs Anda. Lokasi ini dikenal sebagai ‘area widget’ dan ditentukan oleh tema Anda. Area widget yang paling umum digunakan adalah sidebar dan footer.

Widget sendiri menambahkan fitur kecil yang berguna ke situs Anda, seperti bilah pencarian, daftar posting terbaru, atau umpan RSS. WordPress menyertakan sejumlah widget secara default, tetapi Anda dapat menambahkan lebih banyak melalui plugin. Untuk menempatkan widget yang ada di situs Anda, mulailah dengan masuk ke Appearance > Widgets.

Mengelola widget Anda

Widget yang tersedia ada di sebelah kiri, sedangkan area tempat Anda bisa meletakkannya ada di sebelah kanan. Untuk menambahkan widget, cukup drag-and-drop ke salah satu area tersebut.

Basis Data

Setiap situs membutuhkan database untuk menyimpan konten dan datanya, tidak terkecuali WordPress. Faktanya, database Anda menyimpan semua konten di situs Anda, termasuk posting, halaman, pengguna, komentar, tag, kategori, dan banyak lagi.

Meskipun mungkin merupakan bagian paling vital dari situs Anda, Anda biasanya tidak dapat mengelola database secara langsung melalui dasbor admin. Sebagian besar pengguna tidak perlu khawatir tentang database, pada kenyataannya, kecuali jika Anda memiliki masalah dengan itu atau Anda membuat plugin WordPress Anda sendiri .

Pengguna

Apa jadinya sebuah situs tanpa pengguna? Pengguna di WordPress adalah siapa saja yang dapat mengakses dasbor Anda. Setiap pengguna memiliki profil mereka sendiri dengan informasi dan kredensial pribadi mereka, dan juga diberi peran. Peran pengguna menentukan apa yang boleh dilakukan setiap orang di situs Anda.

Misalnya, Administrator memiliki akses penuh ke semua fitur dan tindakan, seperti memposting konten, menginstal plugin, mengubah tema situs, dan sebagainya. Namun, Pelanggan hanya akan dapat melihat dan mengelola informasi profil mereka sendiri.Anda dapat mengelola informasi ini dari halaman Pengguna > Semua Pengguna .

Komentar

Komentar adalah cara sempurna untuk membuat pengunjung terlibat langsung dengan konten Anda. Fitur ini diaktifkan pada posting secara default, meskipun biasanya dinonaktifkan pada halaman.Namun, Anda mungkin ingin mengatur bagian komentar Anda. Lagi pula, beberapa komentar mungkin berasal dari bot spam otomatis, atau kasar dalam beberapa hal.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengelola pesan pengunjung di layar Komentar. Anda juga dapat menandai komentar sebagai spam. Ini akan membantu secara otomatis menyaring posting serupa di masa mendatang.Agar komentar yang berpotensi berbahaya atau kasar tidak muncul di situs Anda, Anda juga dapat memilih untuk menahan setiap komentar untuk moderasi saat diposkan. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa dan menyetujui komentar sebelum dipublikasikan.

Alat

Bagian Alat adalah kumpulan fitur lain-lain yang tidak umum digunakan, tetapi mungkin diperlukan untuk beberapa pengguna. Alat-alat ini terutama menyangkut impor dan ekspor data.Misalnya, Anda dapat mengimpor data dari berbagai platform, seperti Blogger, LiveJournal, Tumblr, dan umpan RSS.

Alat untuk mengimpor data ke situs Anda

Ini berguna jika Anda memindahkan blog dari platform lain ke WordPress, dan Anda tidak ingin kehilangan apa pun. Anda juga dapat mengekspor data dari WordPress, memungkinkan Anda untuk mengimpornya ke situs lain.Anda mungkin juga perlu mengekspor atau menghapus data pribadi pengguna Anda.

Pengaturan

Akhirnya, kita sampai pada halaman Pengaturan. Seperti yang mungkin bisa Anda tebak, di sinilah Anda dapat mengonfigurasi opsi kunci tertentu di situs Anda.

Layar Pengaturan Umum

Bagian ini terdiri dari beberapa sub-halaman, yang masing-masing membahas aspek berbeda dari situs Anda. Misalnya, setelan Penulisan memungkinkan Anda menyetel konfigurasi default untuk entri blog Anda, sedangkan setelan Permalinks memungkinkan Anda menentukan bagaimana struktur URL situs Anda .

Komponen Inti

WordPress bangga karena fleksibel dan mudah digunakan oleh siapa saja, terlepas dari pengalaman mereka sebelumnya. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari platform, Anda harus memahami cara kerja komponen intinya dan cara menggunakannya.

Dalam artikel ini, kami telah membawa Anda dalam tur melalui dasar-dasar WordPress yang paling penting. Ini akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang cara kerja inti WordPress. Secara alami, Anda dapat memperluas apa yang telah kami diskusikan di sini dengan menambahkan plugin, tema, dan bahkan kode Anda sendiri ke situs Anda.