Pengertian Tentang Apa itu Template WordPress

0 Comments

Pengertian Tentang Apa itu Template WordPress – Di WordPress, template menyediakan struktur bagaimana konten Anda ditampilkan. Ini adalah file yang dihasilkan oleh tema WordPress Anda yang dapat diterapkan ke posting atau halaman tertentu untuk mengontrol tampilannya di situs web Anda.

Pengertian Tentang Apa itu Template WordPress

templatehunter.com – Template bervariasi dari satu tema ke tema lainnya. Beberapa tema menyediakan berbagai macam templat dan memudahkan untuk menyesuaikannya, sementara yang lain tidak.

Cara termudah untuk membuat template baru dan menyesuaikannya adalah dengan menggunakan pembuat tema. Ini memungkinkan Anda memodifikasi template dengan mudah menggunakan pembuat halaman seret dan lepas.

Apa Perbedaan Antara Tema dan Template WordPress?

Memahami perbedaan antara template dan tema WordPress dapat membingungkan bagi pemula.

Tema WordPress mengontrol keseluruhan tampilan situs web Anda. Tema terdiri dari sekelompok file, dan beberapa di antaranya adalah file template. Tema dapat diinstal dari direktori tema WordPress resmi atau diunduh dari desainer tema pihak ketiga.

Template WordPress adalah satu file yang ditemukan dalam tema WordPress. Ini menentukan tata letak satu halaman atau sekelompok halaman dalam sebuah tema.

Apa Itu Template WordPress?

Template adalah file yang berisi kode HTML dan CSS yang menentukan bagaimana konten ditampilkan pada posting dan halaman WordPress, serta area lain dari situs WordPress Anda . Mereka dirancang untuk bekerja dalam tema WordPress tertentu.

Baca Juga : 5 Tema WordPress Gratis Terpopuler dan Terbaik Tahun 2022

Sangat membantu untuk menganggap template sebagai file tata letak halaman yang ditemukan dalam tema yang tersedia. Misalnya, file template dapat mengontrol tampilan halaman beranda Anda , dan menentukan apakah tampilannya berbeda dari halaman lain di situs WordPress Anda.

Sebagian besar tema WordPress menyertakan beberapa file template WordPress standar. Namun, mereka mungkin berbeda tergantung pada tema yang Anda gunakan.

Beberapa template yang mungkin Anda lihat dalam folder tema WordPress adalah:

Template utama (index.php) menampilkan halaman utama sebuah website.

Template header (header.php) menampilkan bagian header.

Template sidebar (sidebar.php) menghasilkan output HTML untuk sidebar.

Template footer (footer.php) menampilkan bagian footer.

Theme Functions (functions.php) berisi kode dan fungsi yang digunakan oleh theme.

Template posting tunggal (single.php) menampilkan posting dan halaman tunggal.

Template komentar (comments.php) menampilkan komentar dan formulir komentar.

Selain template, setiap tema WordPress menggunakan file style.css untuk menentukan gaya yang akan digunakan dalam template.

Apa yang Dilakukan Template WordPress?

Setiap halaman di situs WordPress Anda memerlukan jenis file template tertentu yang mendefinisikan fitur khasnya. Misalnya, sebuah tema dapat memiliki template terpisah untuk halaman, postingan, pembaruan berita, kalender, file media, dan lainnya.

Ini berarti bahwa templat halaman dapat diterapkan ke satu postingan , bagian halaman, atau kelas halaman. Template halaman sering ditulis untuk halaman atau grup halaman tertentu.

Misalnya, sementara templat halaman page.phpmenentukan tata letak untuk semua halaman, templat halaman 404 404.php lebih spesifik, dan hanya akan memodifikasi halaman dengan slug ‘404’.

Selain menggunakan template standar, beberapa tema memiliki template yang dibuat untuk menghadirkan fitur desain unik, loop kustom, dan sidebar khusus juga.

Misalnya, tema Anda mungkin memiliki templat khusus untuk halaman kontak yang membuatnya ditampilkan di seluruh lebar halaman, tanpa bilah sisi atau footer . Atau mungkin memiliki templat yang memungkinkan Anda untuk menampilkan posting apa pun dengan lebar penuh.

Ingatlah bahwa templat khusus tidak didukung di semua tema. Jika tema Anda menyertakannya, maka mereka akan dicantumkan di panel ‘Templat’ atau kotak ‘Atribut Halaman’ tepat di sebelah kanan konten halaman Anda.

Hierarki Template WordPress dan Tag Template

Template di WordPress bekerja dalam hierarki. Artinya jika sebuah tema tidak memiliki template tertentu, maka WordPress secara otomatis akan naik hierarki dan menggunakan template yang lebih umum.

Misalnya, jika tema Anda tidak memiliki template halaman depan, maka tema tersebut dapat menggunakan template lain seperti index.php sebagai gantinya.

Anda dapat melihat lebih banyak infografis template di panduan pemula kami untuk hierarki template WordPress .

Satu template dapat dimasukkan ke dalam template lain sehingga dapat bekerja sama. Hal ini dicapai dengan menggunakan tag template . Misalnya, Anda bisa memiliki satu halaman template yang menyertakan header, footer, sidebar, dan template konten.

Bagaimana Anda Menemukan Template di WordPress?

Template adalah file yang disimpan di server penyedia hosting WordPress Anda . Jika Anda ingin mengedit template Anda, Anda perlu mengetahui cara mengaksesnya.

Salah satu cara untuk menemukan template tema Anda adalah dengan menggunakan klien FTP seperti FileZilla . Anda perlu menemukan /wp-content/themesfolder dan kemudian menemukan folder tema Anda.

Di dalam folder itu, Anda akan menemukan file template tema Anda bersama dengan file lainnya. Anda dapat mengedit file tersebut dengan mendownloadnya ke komputer Anda dan menggunakan editor teks .

Cara lain Anda dapat mengakses file template Anda adalah dengan menavigasi ke Appearance » Theme File Editor saat login ke area admin WordPress Anda dan di bawah tab ‘Appearance’ klik pada link ‘Theme Editor’.

Setelah Anda berada di sana, cari file template yang tersedia di dalam tema aktif di sisi kanan layar.

Di Mana Anda Menemukan Template Dengan Plugin Pembuat Tema?

Cara termudah untuk menyesuaikan template tema Anda adalah dengan menggunakan plugin pembuat tema. SeedProd  adalah plugin pembuat tema WordPress terbaik. Ini memungkinkan Anda membuat tata letak situs web yang indah dan bahkan membuat tema khusus tanpa menulis kode apa pun.

Anda dapat mempelajari cara mudah membuat tema dengan SeedProd menggunakan panduan kami tentang cara mudah membuat tema WordPress kustom tanpa kode apa pun.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat menemukan dan menyesuaikan template Anda dengan menavigasi ke SeedProd » Theme Builder .

Ketika Anda mengklik template apa pun, Anda akan membuka template posting Anda di editor visual SeedProd.

Ini memiliki tata letak 2 kolom yang memungkinkan Anda menambahkan blok dan bagian baru ke template sambil melihat pratinjau secara real time. Anda dapat mengubah pengaturan untuk setiap blok hanya dengan mengkliknya.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang Template WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat daftar Bacaan Tambahan kami dari artikel terkait untuk tips, trik, dan ide WordPress yang bermanfaat.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan Saluran YouTube kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook .