Apa Itu Tema WordPress (Dan Di Mana Menemukannya)

0 Comments

Apa Itu Tema WordPress (Dan Di Mana Menemukannya) – Dalam panduan ini, kita akan membahas apa itu tema WordPress dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menyesuaikan situs Anda. Kemudian kita akan menyelami tempat untuk menemukan tema berdasarkan niche situs Anda dan menjelaskan cara memasangnya.

Apa Itu Tema WordPress (Dan Di Mana Menemukannya)

templatehunter.com – Sebagai pengguna WordPress baru, Anda mungkin senang menyesuaikan situs Anda. Anda bahkan mungkin memiliki gambaran mental tentang seperti apa tampilan situs Anda nantinya. Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman desain atau pengkodean, memenuhi visi Anda mungkin menjadi tugas yang menakutkan.

Untungnya, tema adalah salah satu fitur WordPress yang lebih melekat dan berguna — mereka memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan situs Anda dan bahkan menggabungkan fungsionalitas tambahan. Bahkan, dengan tema yang tepat, Anda dapat menyesuaikan situs Anda dengan spesifikasi yang tepat dengan (dalam banyak kasus) tidak memerlukan pengalaman pengkodean atau desain.

Pengantar Tema WordPress

Tema WordPress adalah sekelompok file (grafik, lembar gaya, dan kode) yang menentukan tampilan keseluruhan blog atau situs web Anda. Tema dapat mengontrol sesuatu seluas tata letak situs Anda, atau sekecil warna hyperlink Anda. Sangat mudah untuk menganggap tema sebagai ‘kulit’ untuk situs Anda, tetapi mereka jauh lebih kuat dari itu.

Daripada hanya memberikan tampilan dan nuansa untuk blog Anda, tema memungkinkan Anda untuk mengontrol presentasi situs Anda. Sebagai contoh, katakanlah Anda membuat blog tentang makanan, tetapi Anda juga memiliki toko online. Tema yang tepat dapat menampilkan posting blog Anda dengan cara tertentu sambil menawarkan tata letak yang sama sekali berbeda untuk halaman toko Anda.

Tema adalah bagian yang tidak terpisahkan dari WordPress. Faktanya, platform ini menyertakan sejumlah tema di luar kotak. Namun, ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin memilih dan memasang tema baru di situs Anda:

Untuk meningkatkan daya tarik visual situs Anda. Jika Anda memiliki visi khusus untuk situs Anda, Anda dapat memilih tema yang sesuai dan menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Untuk mengaktifkan lebih banyak penyesuaian desain. Jika Anda tidak memiliki pengalaman desain atau pengkodean, banyak tema menawarkan banyak penyesuaian untuk membantu Anda membuat desain yang tepat. Untuk mengimplementasikan fungsionalitas tambahan. Bergantung pada kebutuhan Anda, sebuah tema mungkin menyertakan fungsionalitas yang terkait dengan niche Anda yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Meskipun tema default atau versi yang disesuaikan dapat berfungsi untuk banyak situs web, sebenarnya ada ribuan tema yang tersedia untuk dipilih, yang mencakup ceruk dan tujuan tertentu. Mari kita bahas ini secara lebih mendalam sekarang.

Tema Serbaguna vs. Niche

Singkatnya, ada dua kategori tema yang longgar. Pertama, tema multiguna melayani sejumlah ceruk dan jenis situs yang berbeda. Mereka biasanya menyertakan beberapa jenis halaman, ekstensi, kode, widget, dan alat untuk memberikan lebih banyak opsi untuk menyesuaikan situs Anda, apa pun fokusnya.

Sementara tema khusus niche juga dapat disesuaikan, mereka akan sering disesuaikan dengan satu topik atau industri tertentu. Mereka tidak akan menyertakan banyak ruang untuk penyesuaian sebagai tema multiguna, tetapi fungsionalitas yang disempurnakan biasanya akan berfokus pada persyaratan yang tepat yang akan Anda miliki untuk situs Anda.

Untuk sebagian besar, tidak ada jawaban benar atau salah dalam memilih tema WordPress Anda. Namun, penting untuk memastikan kebutuhan Anda sebelum membuat pilihan — dan anggaran Anda adalah salah satu elemen tersebut.

Tema WordPress Gratis vs. Premium

Sebelum kita berbicara tentang menghabiskan uang, penting untuk diketahui bahwa ada banyak tema WordPress berkualitas tinggi yang tidak memerlukan biaya sepeser pun. Kita akan sampai di mana menemukannya nanti, tetapi tema yang ditemukan di Direktori Tema WordPress.org harus melewati proses peninjauan yang ketat agar dapat disertakan. Ini menjamin kualitas dan membuat Anda memilih tema murni berdasarkan desain, fungsionalitas, dan ulasan pengguna.

Namun, ada kekurangan untuk tema gratis. Sebagai permulaan, dukungan biasanya minimal. Banyak tema menawarkan dukungan melalui forum khusus , biasanya membiarkan Anda menjalankan solusi. Terlebih lagi, pembaruan bisa lebih ‘ad-hoc’, tergantung pada prioritas pengembang.

Meskipun dikembangkan dengan cara yang sama seperti tema WordPress gratis, solusi premium adalah hal yang berbeda. Anda akan sering menemukan dukungan dan pembaruan yang jauh lebih baik, bersama dengan peningkatan fitur dan fungsionalitas. Namun, Anda akan menemukan ini memerlukan langganan reguler tergantung pada pengembang. Tentu saja, biaya ini dapat dibenarkan jika Anda yakin akan memerlukan dukungan dan pembaruan rutin — dan kami sarankan agar tema Anda tetap diperbarui untuk memastikannya aman dan terjamin.

Pada akhirnya, memilih tema gratis atau premium akan selalu didasarkan pada kebutuhan unik Anda. Jika Anda memiliki waktu dan keahlian, serta anggaran yang minim, tema gratis bisa jadi ideal. Namun, dalam kebanyakan kasus, tema premium kemungkinan akan menjadi pilihan terbaik Anda, mengingat banyaknya jumlah yang tersedia.

2 Tempat Berkualitas untuk Menemukan Tema WordPress

Seperti yang kami singgung secara singkat, ada banyak tempat untuk menemukan tema WordPress, yang mencakup segala macam anggaran dan ceruk. Mari kita bahas dua di antaranya, dimulai dengan salah satu yang telah kami sebutkan.

Direktori Tema WordPress.org

Direktori Tema WordPress adalah repositori resmi untuk tema WordPress gratis. Anda dapat mengakses ini melalui web, atau sebagai alternatif membaca dengan teliti dari dasbor WordPress Anda. Semua tema telah diperiksa secara manual melalui proses peninjauan yang ketat sebelum dicantumkan. Karena itu, kami sarankan Anda mulai dari sini saat mencari tema baru yang hemat anggaran.

Untuk setiap tema, Anda akan dapat mengakses informasi yang dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat. Misalnya, Anda dapat melihat berapa banyak penginstalan aktif yang dimiliki sebuah tema, memeriksa kapan terakhir diperbarui, membaca ulasan dan peringkat pelanggan, serta mengakses forum dukungan tema.

Selain itu, Anda dapat melihat pratinjau tema langsung dari daftarnya menggunakan data default (dan juga menggunakan konten situs Anda yang sebenarnya jika menjelajah di dalam WordPress). Untuk demo langsung yang lebih lengkap, Anda akan sering menemukan tautan ke situs web pengembang. Ini memberi Anda kesempatan untuk melihat tema beraksi, meskipun memasang tema di situs uji Anda sendiri membawa risiko minimal.

Terakhir, mengunduh dan memasang tema adalah hal yang mudah, terutama saat melakukannya langsung di dalam WordPress.

Langsung Dari Pengembang Tema WordPress

Jika Anda menemukan prospek melalui direktori besar yang menakutkan, Anda selalu dapat langsung menuju ke sumbernya. Banyak pengembang tema WordPress menjual karya mereka secara langsung, meskipun Anda harus melakukan pemeriksaan kualitas sendiri . Berikut adalah dua yang kami sarankan:

StudioPress adalah pengembang Genesis Framework . Mereka menawarkan berbagai pilihan tema anak premium, yang mencakup sejumlah ceruk dan desain.

Theme Hybrid menawarkan beragam tema gratis dan premium. Ini adalah situs keanggotaan yang menyediakan berbagai lapisan dukungan dan opsi tema berdasarkan langganan yang Anda pilih.

Baca Juga : Pengertian Tentang Apa itu Template WordPress

Meskipun kedua platform ini menawarkan berbagai opsi tema, ada sumber lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Misalnya, WooCommerce menawarkan tema Storefront . Ini adalah tema e-niaga khusus yang dirancang untuk bekerja sepenuhnya dengan plugin WooCommerce. Biasanya, melakukan pencarian internet untuk tema di niche khusus Anda akan memunculkan banyak pilihan untuk dipilih.

Jika Anda telah mencari tinggi dan rendah untuk tema yang tepat tetapi tidak menemukan yang sesuai dengan visi Anda, Anda juga dapat langsung menyewa pengembang untuk membuat tema khusus. Pengembangan tema khusus, tentu saja, lebih mahal daripada memilih tema premium “pra-paket”.

Kesimpulan

Memodifikasi tampilan dan nuansa situs WordPress baru Anda tanpa pengalaman pengkodean atau desain adalah bagian yang tidak terpisahkan dari penggunaan platform WordPress. WordPress tidak hanya menyertakan tema default, ada ribuan opsi yang mencakup banyak ceruk dan titik harga.