Bagaimana cara menambahkan template WordPress

0 Comments

Bagaimana cara menambahkan template WordPress – Template WordPress adalah struktur yang mendefinisikan halaman tertentu di situs WordPress Anda. Template WordPress hadir dalam sebuah tema. Artinya, jika Anda telah memilih tema untuk situs web Anda, kemungkinan besar tema tersebut akan menyertakan beberapa template. Banyak tema WordPress menawarkan beberapa templat halaman WordPress yang berbeda serta beberapa variasi halaman yang sama.

Bagaimana cara menambahkan template WordPress

Bagaimana cara menambahkan template WordPress?

Di halaman ini

    Bagaimana cara menambahkan template WordPress?

    Apa perbedaan antara tema WordPress dan template WordPress?

Memulai

templatehunter – Jika Anda membuka dasbor WordPress dan menambahkan posting baru, Anda dapat melihat opsi untuk template di menu tarik-turun di sebelah kanan Anda. Biasanya diatur pada tema default. Berdasarkan tema yang telah Anda aktifkan, Anda dapat melihat berbagai template yang dapat Anda pilih di menu drop-down.

Anda dapat menerapkan berbagai template ke halaman individual di editor halaman Anda. Ini sesederhana itu.

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat menginstal template tertentu di WordPress. Template disertakan dalam tema yang Anda pilih; dengan demikian, Anda harus mengubah tema Anda jika Anda ingin template lain. Namun demikian, Anda dapat membuat template khusus. Namun, untuk melakukan ini, Anda harus paham teknologi dan memahami bahasa PHP.

Apa perbedaan antara tema WordPress dan template WordPress?

Tema WordPress mendefinisikan struktur seluruh situs web Anda. Saat Anda memilih tema untuk situs web WordPress Anda, tema itu akan berlaku untuk semua halaman situs web Anda. Ini akan berlaku untuk desain header dan footer Anda, pengaturan warna semua halaman di situs web Anda, tipografi, pada dasarnya semuanya.

Baca Juga : Cara Kerjanya Tema WordPress

Namun, template WordPress hanya mendefinisikan halaman tertentu, yang Anda pilih, di situs web Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memiliki beberapa templat untuk satu halaman tertentu untuk memastikan tampilannya persis seperti yang Anda inginkan. Misalnya, jika tema Anda telah memposisikan footer Anda dengan cara tertentu sebagai pengaturan default, Anda dapat memodifikasinya dengan menggunakan templat yang ditawarkan di dalam tema.

Jika Anda tidak puas dengan opsi templat Anda, Anda harus mengubah tema Anda ke tema lain yang dapat menawarkan templat posting WordPress yang Anda sukai atau membuat templat yang disesuaikan dengan mengkodekan di editor halaman Anda.

Panduan Utama untuk Tema WordPress

Situs web WordPress Anda tidak harus terlihat seperti situs web WordPress lainnya di luar sana. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan nuansanya dengan tema WordPress — semuanya tanpa menyentuh satu baris kode HTML, CSS, atau JavaScript.

Dalam posting ini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang tema WordPress dan bagaimana memilih yang sesuai untuk Anda.

Kembangkan Bisnis Anda Dengan Alat HubSpot untuk Situs WordPress

Apa itu tema WordPress?

Tema WordPress adalah kumpulan templat, file kode, dan lembar gaya yang mengubah cara situs web WordPress ditampilkan di front-end, tanpa memodifikasi perangkat lunak inti WordPress. Beberapa tema WordPress dibundel dengan pembuat halaman untuk pengeditan dan penyesuaian yang mudah.

Menurut data dari Built With, sekitar 28 juta situs web diberdayakan oleh WordPress.

Dengan banyaknya situs yang dibangun di platform sumber terbuka ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana situs WordPress Anda dapat menonjol dan mencerminkan merek unik Anda. Di situlah tema WordPress masuk.

Tema WordPress memungkinkan Anda menyesuaikan situs web hingga font dan warna. Setelah Anda menginstal tema, Anda dapat mengubah elemen yang tak terhitung jumlahnya seperti lebar halaman, item di header, branding, tata letak, dan banyak lagi. Beberapa tema membatasi perubahan mana yang dapat Anda buat, tetapi pada umumnya sangat dapat disesuaikan.

Kabar baiknya adalah ada banyak pilihan di luar sana, jadi jika Anda tidak menyukai satu tema, Anda dapat dengan mudah menggantinya dengan yang lain tanpa kehilangan konten Anda.

Bagaimana cara kerja tema WordPress?

Tema WordPress lebih dari sekadar “kulit”. Mereka memberikan kontrol tidak hanya atas presentasi visual konten di situs WordPress tetapi juga atas perilaku elemen situs tertentu saat pengunjung berinteraksi dengan mereka. Misalnya, tema responsif mungkin mengurutkan ulang atau menyembunyikan elemen tertentu di halaman saat pengunjung melihat situs Anda dari perangkat seluler mereka.

Perilaku ini dimungkinkan karena template, plugin, dan file tema. Tema WordPress terdiri dari beberapa komponen, dan penting untuk mengetahuinya meskipun Anda tidak berencana untuk mengedit file ini.

Template Tema Induk

Tema terlihat seperti itu karena sekumpulan file template yang menentukan tata letak, desain, dan fungsionalitas halamannya. Misalnya, sebagian besar tema memiliki file template untuk satu halaman, satu posting, halaman hasil pencarian, halaman 404, dan satu halaman produk (jika itu adalah tema e-niaga).

Tema WordPress juga berisi file template untuk footer, header, dan sidebar, yang mengontrol apa yang ada di dalamnya, seperti logo bisnis atau menu navigasi Anda.

Template Tema Anak

Beberapa tema juga dibundel dengan tema anak. Pengembang menyertakan tema anak sehingga Anda atau pengembang Anda dapat membuat perubahan pada file template tema tanpa memengaruhi file induk.

Ini berguna karena beberapa alasan. Jika Anda membuat terlalu banyak perubahan dan ingin kembali ke tema induk, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Selain itu, Anda dapat menginstal pembaruan untuk tema induk tanpa kehilangan penyesuaian di file tema anak.

Lembar Gaya Cascading (CSS)

CSS adalah bahasa pengkodean yang membuat situs web “terlihat cantik”. Tanpa itu, Anda akan terjebak dengan font dan warna default browser.

Tema WordPress menyertakan lembar gaya CSS yang memengaruhi tampilan dan nuansa situs web. Jika Anda merasa perlu mengedit lembar gaya CSS untuk membuat tema terlihat seperti yang Anda inginkan, jangan takut: Sebagian besar tema menyediakan opsi di dasbor admin WordPress untuk melakukan perubahan tersebut. Untuk sebagian besar, Anda tidak perlu menyentuh kode CSS apa pun.

File PHP

Setiap tema WordPress dilengkapi dengan file PHP, yang menentukan fungsionalitas back-end utama dari tema tersebut. Anda tidak perlu khawatir tentang file ini kecuali jika Anda berpengalaman dengan pengkodean PHP dan ingin mengotak-atiknya. Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah memperbarui versi PHP Anda.

Pembuat Halaman

Kecuali Anda menggunakan tema yang dibuat oleh WordPress.org, seperti Twenty Twenty-Two, tema Anda kemungkinan akan dibundel dengan pembuat halaman drag-and-drop. Ini memungkinkan Anda untuk mengedit konten dan mengubah tampilan situs web Anda tanpa perlu menyentuh file tema apa pun.

Sering kali, Anda tidak perlu menginstal pembuat halaman secara terpisah. Selama proses instalasi, tema akan secara otomatis menambahkan plugin ke area admin WP Anda.

Jika tema tidak disertakan dengan pembuat halaman, itu akan kompatibel dengan satu atau beberapa opsi sehingga Anda dapat memilih pembuat terbaik untuk Anda.

Plugin Tambahan

Beberapa tema WordPress juga akan secara otomatis dibundel dengan plugin lain untuk memperluas fungsionalitas situs web Anda. Sifat plugin akan berbeda tergantung pada jenis tema yang Anda instal. Misalnya, tema keanggotaan akan dibundel dengan plugin keanggotaan. Dengan cara yang sama, tema e-niaga akan dibundel dengan plugin e-niaga.

Setelah memasang tema, disarankan untuk meninjau daftar plugin Anda dan memastikan Anda tidak secara otomatis memasang plugin yang tidak Anda rencanakan untuk digunakan.

Singkatnya, Anda dapat mengunduh atau membeli tema untuk mengubah tampilan dan perilaku situs WordPress Anda tanpa menyentuh satu baris kode pun. Karena tema WordPress, seperti plugin, memungkinkan pengguna untuk membuat situs kustom tanpa pengkodean, mereka telah membantu merevolusi desain web dan mengubah cara kita membuat dan menggunakan konten online.

Setelah Anda memilih tema, Anda dapat mulai menyesuaikannya. Proses penyesuaian dapat dilakukan langsung di dasbor Anda berkat editor tema bawaan di WordPress. Mari kita lihat lebih dekat fitur ini di bawah ini.

Editor Tema WordPress

Editor tema WordPress adalah editor teks sederhana yang dibangun langsung ke dasbor WordPress Anda. Editor ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi file tema WordPress Anda langsung di dasbor Anda.

Untuk mengakses editor ini, cukup masuk ke dasbor admin Anda dan klik Appearance > Theme Editor.

Di sebelah kanan, Anda akan melihat semua file template yang membentuk tema Anda yang dapat Anda edit di alat bawaan ini, seperti file style.css dan function.php. Perhatikan bahwa editor memilih file style.css, atau stylesheet, secara default karena itu adalah file yang paling umum untuk diedit.

Manfaat editor tema WordPress adalah betapa mudahnya mengaksesnya. Tanpa itu, Anda harus masuk ke panel kontrol hosting Anda, mengakses File Manager, menavigasi ke folder tema Anda, dan membuka serta mengedit file template tertentu satu per satu.

Namun, meskipun Anda memiliki pengalaman pengkodean, Anda tidak disarankan menggunakan editor tema WordPress karena dua alasan utama. Pertama, karena Anda akan mengedit file tema inti, setiap perubahan yang Anda buat akan hilang saat berikutnya Anda memperbarui tema — dan Anda harus selalu memperbarui tema untuk menjaga keamanan situs WordPress Anda.

Kedua, jika Anda membuat kesalahan saat mengedit file tema, Anda dapat merusak situs Anda. Kecuali Anda membuat file cadangan, satu kesalahan dapat merusak situs Anda selamanya.

Untuk alasan ini, WordPress menawarkan cara lain untuk mengedit tema Anda: Penyesuai WordPress. Anda dapat mengakses alat ini dengan mengklik Appearance > Customize. Di sini Anda dapat mengedit warna, gambar header dan latar belakang, menu, widget, dan pengaturan beranda. Lihatlah opsi Anda di tangkapan layar di bawah ini.

Lihat opsi menu terakhir berlabel “CSS tambahan”? Ini adalah editor CSS bawaan yang ditawarkan WordPress sebagai alternatif untuk mengedit file style.css Anda di editor tema.

Bahkan, setelah mengklik editor Tema, Anda akan melihat kotak pesan di bagian atas yang mengatakan “Tidak perlu mengubah CSS Anda di sini — Anda dapat mengedit dan melihat langsung perubahan CSS di editor CSS bawaan.” Anda dapat melihatnya di tangkapan layar editor tema di atas.

Jika Anda ingin mengedit file template selain file style.css, maka Anda memiliki beberapa opsi. Anda dapat membuat tema anak, yang memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan situs web WordPress Anda tanpa mengedit file tema Anda secara langsung. (Anda juga dapat memilih opsi dengan tema anak bawaan).

Anda juga dapat menggunakan pembuat halaman pihak ketiga untuk menyesuaikan tema Anda tanpa pengkodean. Beberapa pembuat halaman bahkan dibundel dengan tema, seperti tema Divi dan Divi Builder.

Sebelum melihat berbagai pilihan tema WordPress gratis, populer, premium, dan khusus bisnis, mari kita telusuri secara singkat proses memilih tema WordPress untuk situs Anda.